Sabtu, 27 Juli 2013

Hakikat Profesi Keguruan

Perlu diketahui, profesi keguruan merupakan profesi yang sedang berkembang. Pemikiran tentang bagaimana hakikat profesi keguruan kerap kali diperbincangkan. Bagi seorang guru, pengetahuan tentang profesi keguruan harus benar-benar dimiliki untuk dapat meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

Dalam percakapan sehari-hari sring kita dengar istilah profesi atau professional. Seorang mengatakan profesinya sebagai dokter, dan yang lain.  Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya. Artinya, ia tidak bias dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Keahlian diperoleh dari profesionalisasi, yang dilakukan sebelum seseorang menjalani profesi tersebut maupun setelah menjalani suatu profesi.

Jika dalam masa pendidikan pra-jabatan profesionalisasi lebih banyak ditentukan oleh lembaga dengan berpegang pada kaidah-kaidah akademikdan latihan praktek yang standar, maka setelah bekerja, profesionalisasi lebih banyak tergantung kepada setiap individu dan profesionalismenya, apakah ia ma uterus belajar, bergaul akrab dengan rekan sejawat untuk saling member dan menerima dalam suatu iklim kesejawatan dan kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar